menu

Senin, 20 Juni 2016

Bermimpi Jadi Rasul

Biasanya kalau bicara mengenai “Rasul” yang ada di kepala kita adalah Keduabelas murid Tuhan Yesus. Betul, sebutan rasul memang per se untuk mereka. Namun jangan salah; rasul itu sebuah fungsi daripada status. Menjadi rasul artinya dipanggil (oleh Tuhan) menjadi pewarta pertama-tama. Maka sebutan rasul itu tidak terbatas pada Keduabelas murid langsung Tuhan Yesus melainkan siapapun juga yang dipanggil menjadi pewarta seperti Keduabelas Rasul. Sebagaimana Keduabelas Rasul Tuhan; siapapun yang dipanggil menjadi pewarta haruslah mengalami proses pemuridan. Di jaman Tuhan mungkin lebih cocok pemuridan mereka itu seperti pola magang. Bagaimana kalau di jaman sekarang?

Berpangkal dari tradisi pemuridan, di Kalimantan Barat, ada sekolah yang mendedikasikan seluruh program kurikulumnya untuk proses pemuridan bagi mereka yang merasa terpanggil menjadi pewarta. Sekolah Tinggi Pastoral St. Agustinus Keuskupan Agung Pontianak (biasanya disingkat STP St. Agustinus saja) bertujuan mendidik insan pewarta yang formal (baca: guru) yang beriman teguh, profesional, tangguh, mandiri serta kontekstual (artinya: tanggap dan sadar akan konteks di manapun seorang pewarta bekerja mewartakan iman). STP St. Agustinus ini didirikan tanggal 25 Mei 2006 dan bernaung di Departemen Agama RI (Depag RI) dengan ijin operasional tertanggal 12 Juli 2006.

Mengapa memakai nama St. Agustinus? Tidak diragukan lagi St. Agustinus adalah sintesis pewarta dan intelektual (iman). St. Agustinus adalah pewarta (rasul) setelah jaman murid Tuhan Yesus yang bukan hanya menggabungkan kemampuan retorik (bicara) melainkan intelektual. Beliau adalah salah satu Bapa Gereja Barat (Latin) yang pengaruhnya luas sampai hari ini. Maka tepatlah nama St. Agustinus dijadikan pelindung STP di Kalimantan Barat.

Di dalam STP St. Agustinus seseorang bukan hanya dididik secara iman dan bagaimana proses mempertanggungjawabkan iman (bahasa ilmiahnya Teologi). Di situ seorang murid diajarkan bagaimana metode khas “berbicara iman” (bahasa ilmiahnya Kateketik). Dan tentu di atas segalanya sebagai seorang rasul semangat yang utama adalah pelayanan. Tanpa semangat pelayanan; menjadi rasul akan hambar dan mengecewakan! Mungkin yang sangat khas dari STP St. Agustinus Kalimantan Barat adalah seorang murid diajar juga bagaimana menjadi mandiri melalui matakuliah entrepreunership (kewirausahawan). Tujuannya tentu supaya, sebagaimana St. Paulus katakan, seorang rasul tidak menjadi beban buat umat. Program kewirausahawan itu meliputi pendidikan pertanian, peternakan, perikanan darat, tata busana dan tata rias. Setiap murid bebas memilihnya dalam rangka usaha menjadi mandiri.

Dari segi legal STP St. Agustinus Kalimantan Barat bergerak dengan ijin operasional dari Dirjen Bimas Katolik Depag RI No. DJ.IV/HK. 00.5/99/2006 dan terakreditasi BAN-PT No. 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013. Adapun program studi yang ditawarkan bertaraf S1 (sarjana strata 1). Saat ini STP. St. Agustinus Kalbar di dalam proses menjadi Sekolah Tinggi Agama Katolik (STAKAT) negeri pertama di Indonesia. STP St. Agustinus Kalimantan Barat mempunyai gedung dan fasilitas perkuliahan serta kegiatan mahasiswa sendiri. Bahkan mereka mempunyai asrama (pondokan) untuk mahasiswa/i luar kota yang membutuhkannya dengan harga yang terjangkau. Sebagai kegiatan ekstra kurikuler seorang murid bisa belajar seni musik, seni tari dan pengolahan suara (paduan suara atau koor). Pembinaan semangat menjadi rasul dilakukan melalui retret dan rekoleksi sebagaimana biasanya dan tentu mentor rohani kalau seorang mahasiswa/i membutuhkannya.

Adapun ketua penyelenggara STP St. Agustinus Kalimantan Barat adalah Dr. Drs. Andreas Muhrotien, M.Si. Beliau pernah menjabat sebagai wakil bupati Kab. Kubu Raya Kalimantan Barat. Di dalam kematangan iman dan kebijaksanaan beliau STP. St. Agustinus Kalimantan Barat mencoba melangkah lebih profesional lagi untuk program strata 2 (S2). Mengenai tenaga pengajar STP St. Agustinus kiranya jangan diragukan lagi. Mereka mempunyai 41 staff dosen pengajar dengan kualifikasi S2 (masteral) dan S3 (doktoral).


Jika Anda tertarik dan merasa terpanggil silahkan menghubungi STP St. Agustinus Kalbar di Kompleks Persekolahan St. Monica Jl. Adsucipto km. 9.4, Sei Raya Kab. Kubu Raya dengan no tlp (0561) 721227 dengan email: stp.st.agustinus@gmail.com.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar